2011-11-23

Mengenal Paragraf

Paragraf adalah susunan kalimat yang memiliki alur. Dalam bahasa Indonesia ada beberapa jenis paragraf, yaitu:

1. PARAGRAF NARASI
Paragraf Narasi adalah paragraf yang menceritakan suatu kejadian berdasarkan kronologisnya.
Contoh :
Kekalahan Inter Milan oleh Barcelona tidak membuat inter milan tersingkir dari liga Champion. Dikarenakan jumlah gol yang dicetak oleh inter milan ke gawang Barcelona lebih banyak dibandingkan gol yang dimasukan Barcelona ke gawang inter milan. Di leg pertama, Inter memasukan 3 gol,dan hanya kemasukan 1 gol. Lalu di leg ke 2, Barcelona hanya memasukan 1 gol sehimgga jumlah gol Barcelona hanya 2, sedangkan Inter 3.

2. PARAGRAF DESKRIPSI
Paragraf Deskripsi adalah paragraf yang menggambarkan suatu objek dengan kata – kata yang merangsang indra realistis.

Contoh :
Hand Phone BlackBerry Curve 8310, merupakan salah satu hp terlaris tahun ini. karna memiliki fitur yang lengkap guna mempermudah sipengguna hp untuk mengakses data dari internet. Memiliki camera 2 MP, memory internal 1Gb untuk menyimpan beberapa data seperti sms, video, mp3 dll. Menggunakan Full qwerty keyboard dan track ball navigation seperti computer. Ada juga maps untuk melihat peta dan jalan kalau sedang dalam perjalanan.


3. PARAGRAF EKSPOSISI
Paragraf Eksposisi adalah paragraf yang menguraikan suatu kejadian sejelas – jelasnya agar pembaca mudah mengerti.

Contoh :
Kecelakaan bus yang terjadi di jalur pantura itu disebabkan oleh kelalaian si pengemudi bus yang tidak mengecek keadaan bus sebelum berangkat. Kecelakaan ini terjadi pukul 03.15 WIB. Bus yang melaju kencang tiba – tiba oleng karena ban depan sebelah kiri bocor sehingga bus terpental kesebelah kiri lalu menabrak pembatas jalan. Kecelakaan tersebut tidak memakan korban jiwa, hanya saja beberapa penumpang mengalami luka ringan. Para korban sudah dibawa kerumah sakit untuk menjalani pengobatan. Supir bus pun sudah diamankan petugas.


4. PARAGRAF ARGUMENTASI
Paragraf Argumentsi adalah suatu paragraf yang isinya membuktikan kebenaran suatu pendapat atau kesimpulan dengan data dan fakta sebagai bukti.

Contoh :
Perdagangan Global mendorong terbentuknya jaringan distribusi dan pasti penjualan yang kian tersebar terjadi dalam jaringan yang kuat , hidup dan bersistem dalam bisnis di Indonesia tambahannya perekonomian serta tekhnologi informasi dan saluran distribusi.


5. PARAGRAF PERSUASI
Paragraf Persuasi adalah paragraf yang isinya berupa ajakan kepada pembaca agar melakukan sesuatu yang diajukan sepenulis.

Contoh :
Hadirilah!!!!!! senam pagi yang akan dilaksanakan di depan lobby ITC Cempaka Mas pada pukul 06.00 – selesai. Dengan intruktur senam profesional. Diharpkan menggunakan pakaian olah raga. 

6. PARAGRAF ANALOGI
Paragraf analogi adalah penalaran dengan cara membandingkan dua hal yang banyak menandung persamaan. Dengan kesamaan tersebut dapatlah ditarik kesimpulannya. Paragraf analogi ini merupakan bagian paragraf induktif.
 

contoh:
Buku ibarat sebuah jendela. Kalimat tersebut merupakan satu ari puluuhan ribu kalimat pembanding yang kita ketahui.Buku dan jendela tentu merupakan dua benda yang sangat berbeda secara fisik . Namun keduanya memiliki kesamaan dalam makna. Keduanya dapat kita gunakan untuk menenggok ke dunia yang  tidak dapat kita lihat dari posisi kita saat ini tanpa harus pergi ke tempat tersebut. Jendela merupakan benda yang menghubungkan sebuah ruangan kosong dengan dunia luar.  Begiu juga saat kita membaca buku , kita dapat menemukan hal-hal baru yang berada diluar jangkauan kita tanpa harus berinteraksi secara langsung. 
7. PARAGRAF CONTOH
Paragraf contoh adalah paragraf yang menjelaskan seuatu hal dengan metode memberikan contoh secara nyata.


contoh:
Tidak selamanya sesuatu  yang tradisional adalah hal yang kuno. Contohnya batik dan kebaya. Batik dan kebaya merupakan salah satu pakaian tradisional indonesia yang notabenya dipakai  hanya untuk acara keagamaan atau upacara adat saja. Namun saat ini, kebaya dan batik sering kali kita jumpai melekat pada tubuh orang-orang yang sedang berbelanja ke mall, atau bahkan acara pagelaran busana nasional  yang kebanyakan orang lebih suka mengenakan pakaian ala barat daripada  mengenakan batik ataupun kebaya.    
8. PARAGRAF DEFINISI LUAS

Paragraf yang menjelaskan suatu hal dengan menjelaskan pengertianya secara luas

contoh:
 Buku adalah kumpulan ilmu pengetahuan/karya sastra yang dijadikan sebagai satu kesatuan. Buku terdiri dari lembaran kertas yang berisikan suatu karya sastra. Sebuah buku terdiri dari sampul buku, atau yang biasa disebut cover, dan bagian isi. Pada bagian cover, biasanya terdiri dari judul karya, nama pengarang, penerbit, dan sinopsis. sedangkan pada bagian isi bukku berisikan tentang daftar isi, ucapan terima kasih, tulisan inti dari karya tersebut, dan biografi pengarang

9. PARAGRAF ANALISIS
Paragraf yang berisikan tentang proses terjadinya sesuatu

contoh:
Pakaian yang kita pakai sehari-hari ternyata terbuat dari serat tipis. Serat tersebut terbat dari benang yang sangat kuat. Namun benang tersebut harus ditenun terlebih dahulu agar menjadi serat kain yang dapat digunakan sebagai bahan dasar pakaian. Setelah benang-benang tersebut berubah menjadi serat kain, barulah kita dapat membuat pakaian yang sesuai. kain yang tidak berpola tersebut dipotong dan dijahit sedemikian rupa hingga menjadi pakaian yang indah. Setelah proses panjang itu terlewati, barulah kita bisa menggunakannya.

0 komentar:

Posting Komentar

Free HTML Blog 4u