2012-05-02

essay -Wajib Batik Bukti Pengikisan Masyarakat Sadar Budaya


Wajib Batik Bukti Pengikisan Masyarakat Sadar Budaya 


                2 oktober merupakan hari yang kita kenal sebagai hari batik. Seperti yang   dikutip oleh newoes.com. Pada 2 oktober 2009 lalu, UNESCO secara resmi mengungkapkan bahwa batik merupakan budaya asli Indonesia. Sejak saat itu masyarakat Indonesia diwajibkan memakai batik setiap tanggal 2 oktober.
                Tidak lama setelah kembalinya batik ke tangan Indonesia, batik menjadi style fashion yang trend dikalangan masyarakat Indonesia. Tidak hanya itu, pemerintah juga mulai membuat “batik centre” dibeberapa kawasan di Indonesia. Seperti kampung batik “Jetis” di  Sidoarjo, kampung batik “laweyan” di Surakarta,dan kampung batik “Ngasem” di Yogyakarta yang mulai diramaikan oleh pengunjung. Namun sadarkah kita bahwa kita baru menyukai batik jauh setelah batik diclaim oleh Negara lain?
                Sebelum batik resmi dipatenkan, minat masyarakat Indonesia terhadap batik sangatlah kecil. Suaramerdeka.com menyebutkan bahwa sebelum ada pengakuan UNESCO bahwa batik merupakan budaya asli Indonesia, penjualan batik di kota pekalongan dan beberapa kota asal batik tergolong rendah. Hal ini membuktikan bahwa minat masyarakat terhadap batik sebenarnya masih rendah.
Selain itu dapat kita lihat dari realisasi hari batik. Berapa banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan batik? Hanya sebagian kecil orang yang menggunakan batik di hari batik. Kebiasaan masyarakat menggunakan batik hanya untuk upacara adat atau acara resmi lainnya masih tertanam dalam diri masyarakat sehingga mereka enggan memakai batik dalam beraktivas. Akan lebih baik apabila pemerintah mengadakan sejumlah festival tahunan yang mengangkat budaya Indonesia. Masyarakat akan lebih tertarik untuk memakai batik, atau warisan budaya Indonesia lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Free HTML Blog 4u